Membuat Label Undangan dengan Ms Word 2007 dan data base Ms. Excel 2007 serta record yang berbeda-beda
Monday, 13 February 2017
0
comments
Mungkin anda sering melihat sebuah label undangan yang berbentuk persegi
panjang yang menempel di kertas undangan. Mungkin dalam benak anda
sering bertanya-tanya bagaimana ya cara membuatnya? Itu sangat gampang
kok, ikutin aja langkah-langkah berikut ini. Tapi di sini saya membuat
data undangannya dari Ms. Excel karenan lebih sederhana.
Langkah 1
1. Buka Program Ms. Excel
2. Setelah itu, anda tulis dulu ya nama-nama yang ingin di undang, seperti di bawah ini
3. Setelah itu jangan lupa di simpan, dengan nama file Data Undangan
4. Setelah itu program Ms. Excel nya close.
Langkah 2
Kita akan membuat master label, misalkan kita akan membuat master label dengan jenis Label 103, langkah yang harus dilakukan adalah :
1. Buka program Ms. Word, seperti di bawah ini
2. Klik menu Mailings, setelah itu Start Mail merge pilih Label
tampil Label Option, Pilih New Label
Label diatas silahkan anda seting seperti pada gambar dibawah ini
Setelah selsai klik OK
Label Name isilah sesuai dengan keinginan anda
Top Margin diukur dari tepi kertas atas sampai ke tepi Label paling atas
Side Margin dari tepi kertas sebelah kiri sampai ke tepi label paling kiri
Vertical Pitch dihitung dari tepi atas label baris pertama sampai ke tepi atas label baris kedua
Horizontal Pitch dihitung dari tepi kiri label kolom pertama sampai ke tepi kiri label kolom kedua
Label height, tinggi label dihitung dari tepi atas label sampai tepi bawah label. Untuk lebih mudahnya tinggi label ini biasanya tertera di bungkus label yang anda beli,
Label Width, lebar label dihitung dari tepi kiri label sampai tepi kanan label.
Number across, diisi dengan banyaknya label dalam satu baris
Number down, banyaknya label dalam satu kolom
Page Size, sebaiknya anda pilih ukuran Custom (Catatan: diingat ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda, karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas)
Page Width, lebar ukuran kertas label
Page Height, tinggi ukuran kertas label
5. Setelah semua terisi dengan benar, kemudian klik OK
Tampil seperti dibawah ini
6. Setelah itu Save, (simpan dalam satu folder dengan data Ms. Excel yang telah kita buat tadi)
Langkah 3
1. Klik Menu Mailling dan Klik Select Recipients dan Pilih Use Existing List.
2. Buka File Excel (misalnya : Data Undangan) yang anda buat tadi Klik Open
3. Maka tampil kotak dialog Select Table, karena kita tadi menulis nama undangan di Sheet 1,
klik Sheet 1 – Ok
4. Akan secara otomatis tampil seperti gambar dibawah ini, letakkan kursor ditempat kolom yang pertama
dan masukkan berdasarkan field setelah itu tekan enter masukkan lagi sampai 3 x
akan hasil seperti ini
agar kolom berikutnya dapat mengikuti seperti kolom yang pertama, maka yang harus dilakukan klik update labels, lihat pada gambar dibawah ini
Setelah field tampil semua, berati sampai disini anda telah berhasil.
selanjutnya klik (PREVIEW RESULT)
Catatan : Untuk record selanjutnya lihat nama label yang terakhir atau bisa anda hitung yaitu setelah record yang ke 12 berarti yang ke 13 dan selanjutnya berati ke 25 seterusnya seperti itu
Semoga berhasil dan terima kasih atas kunjungan silahkan berikan komentar positif.
Bila ada kesalahan dalam penulisan nama atau alamat jangan merubah data di label ms word tetapi anda rubah di database yang ada didalam ms excel. Bila anda merubah di ms word maka penulisan mail merger tidak otomatis lagi.
Langkah 1
1. Buka Program Ms. Excel
2. Setelah itu, anda tulis dulu ya nama-nama yang ingin di undang, seperti di bawah ini
3. Setelah itu jangan lupa di simpan, dengan nama file Data Undangan
4. Setelah itu program Ms. Excel nya close.
Langkah 2
Kita akan membuat master label, misalkan kita akan membuat master label dengan jenis Label 103, langkah yang harus dilakukan adalah :
1. Buka program Ms. Word, seperti di bawah ini
2. Klik menu Mailings, setelah itu Start Mail merge pilih Label
tampil Label Option, Pilih New Label
Label diatas silahkan anda seting seperti pada gambar dibawah ini
Setelah selsai klik OK
Label Name isilah sesuai dengan keinginan anda
Top Margin diukur dari tepi kertas atas sampai ke tepi Label paling atas
Side Margin dari tepi kertas sebelah kiri sampai ke tepi label paling kiri
Vertical Pitch dihitung dari tepi atas label baris pertama sampai ke tepi atas label baris kedua
Horizontal Pitch dihitung dari tepi kiri label kolom pertama sampai ke tepi kiri label kolom kedua
Label height, tinggi label dihitung dari tepi atas label sampai tepi bawah label. Untuk lebih mudahnya tinggi label ini biasanya tertera di bungkus label yang anda beli,
Label Width, lebar label dihitung dari tepi kiri label sampai tepi kanan label.
Number across, diisi dengan banyaknya label dalam satu baris
Number down, banyaknya label dalam satu kolom
Page Size, sebaiknya anda pilih ukuran Custom (Catatan: diingat ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda, karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas)
Page Width, lebar ukuran kertas label
Page Height, tinggi ukuran kertas label
5. Setelah semua terisi dengan benar, kemudian klik OK
Tampil seperti dibawah ini
6. Setelah itu Save, (simpan dalam satu folder dengan data Ms. Excel yang telah kita buat tadi)
Langkah 3
1. Klik Menu Mailling dan Klik Select Recipients dan Pilih Use Existing List.
2. Buka File Excel (misalnya : Data Undangan) yang anda buat tadi Klik Open
3. Maka tampil kotak dialog Select Table, karena kita tadi menulis nama undangan di Sheet 1,
klik Sheet 1 – Ok
4. Akan secara otomatis tampil seperti gambar dibawah ini, letakkan kursor ditempat kolom yang pertama
dan masukkan berdasarkan field setelah itu tekan enter masukkan lagi sampai 3 x
akan hasil seperti ini
agar kolom berikutnya dapat mengikuti seperti kolom yang pertama, maka yang harus dilakukan klik update labels, lihat pada gambar dibawah ini
Setelah field tampil semua, berati sampai disini anda telah berhasil.
selanjutnya klik (PREVIEW RESULT)
Catatan : Untuk record selanjutnya lihat nama label yang terakhir atau bisa anda hitung yaitu setelah record yang ke 12 berarti yang ke 13 dan selanjutnya berati ke 25 seterusnya seperti itu
Semoga berhasil dan terima kasih atas kunjungan silahkan berikan komentar positif.
Bila ada kesalahan dalam penulisan nama atau alamat jangan merubah data di label ms word tetapi anda rubah di database yang ada didalam ms excel. Bila anda merubah di ms word maka penulisan mail merger tidak otomatis lagi.
0 comments:
Post a Comment