Cara Baru Mendinginkan Server Direndam Minyak

Posted by IYan Wednesday 15 May 2013 0 comments
Umumnya yang kita tahu, untuk mendinginkan chip komputer ialah dengan cara memasang kipas pendingin atau menggunakan cairan khusus. Namun Intel baru saja memperkenalkan konsep mendinginkan komputer dengan minyak.
Beberapa waktu lalu seorang overclocker sempat membuat heboh dengan menggunakan minyak sebagai pendingin. Berliter-liter minyak ia tuangkan ke dalam casing komputer yang saat itu masih dalam kondisi hidup.
Namun Intel juga melakukan serupa. Bekerja sama dengan perusahan 'hijau' Green Revolution Cooling, Intel melakukan uji coba selama bertahun-tahun untuk membuktikan bahwa teknik tersebut pada data center mereka yang berlokasi di Meksiko.


"Ini sungguh terobosan baru," kata Mike Patterson, Senior Power and Thermal Architect dari Intel.
Mendinginkan server dengan minyak disinyalir lebih efektif dan efisien ketimbang menggunakan pendingin air atau udara. Minyak tidak menghantarkan listrik, dan bisa mendinginkan seluruh komponen komputer. 
Hingga kini Intel terus melakukan pengujian teknik tersebut agar bisa diterapkan oleh berbagai macam data center.
"Kami terus mengeksplorasi berbagai desain server, dan kami terus mengevaluasi bagaimana pendingin tersebut dapat memberikan cara baru mengoperasikan data center," tambah Patterson.

Sumber : http://www.omd.co.id 

0 comments:

Post a Comment