Tips Memilih Pom Bensin Dan Mengisi Bensin Yang Benar
Sunday, 7 September 2014
0
comments
Pernah punya pengalaman tentang
‘rasa’ bensin bila mengisi bensin di SPBU yang berbeda? Dari salah satu
sumber, ada hal yang menarik tentang perbedaan ‘rasa’ ini. Berikut ini
saya berikan tips buat isi di Pom Bensin yang bagus :
1. LEBIH BAIK ISI DI POM BENSIN PERTAMINA KODE 31 atau (Angka Kedua 1)
Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing..dimana anda bisa mengetahuinya ?
Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah . Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan.
Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing..dimana anda bisa mengetahuinya ?
Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah . Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan.
Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalau kepala 5 kayaknya Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer..jadi yang penting angka keduanya 1 gak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah .
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta atau dealer..jadi yang penting angka keduanya 1 gak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah .
Karena, sebenarnya ada tiga kategori
SPBU. Pertama COCO alias corporate owner corporate operate, CODO yakni
corporate owner dealer operate. Terakhir DODO, dealer owner dealer
operate. Ini berdasar pada situs spbu.pertamina.com
Karena dikendalikan oleh pertamina, maka
kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO.
Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena
ingin cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku curang. kalo saya sih
nyaranin ngisi bensin sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (angka
keduanya 1) karena quality control-nya cukup bagus..
saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka Kedua 1)takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda “PASTI PAS”.
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1)ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding denanda yang kode 34.
saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka Kedua 1)takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda “PASTI PAS”.
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1)ternyata paling baik (kualitas bensin) dibanding denanda yang kode 34.
cara buktiinya:
coba bagi anda yang menggunakan mobil/
motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya .jika mengisi bensin
di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1)akan terasa tarikan
mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda
pom dengan tanda kode lainnya
Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor
yang ngisi bensin di pom bensin tersebut,,,di pom bensin kode 31(Angka
Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung
sepi..ini udah saya buktikan sendiri.
Coba anda ngisi 1 Liter bensin di Pom
bensin 31 (Angka Kedua 1)dan pom bensin 34..bandingkan aja dari sisi
kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih
cepat habis)..
coba anda tanya sama supir angkot atau
supir taksi dimana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka
jawab di pom bensin 31 (Angka Kedua 1)karena mereka juga banyak ngisi di
pom bensin 31
Kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri anda…tapi gak semua 34 juga yang kaya begitu
Kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri anda…tapi gak semua 34 juga yang kaya begitu
2. TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle ditekan2 begitu sama petugasnya? pasti pernah lah nemuinnya…kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal denanda cara memainkan takaran bensin dengan tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya..
Pengalaman saya ngisi di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1), petugas gak pernah menekan-nekan tuas handle selang sewaktu mengisi sedangkan di kode 34 liat aja deh…kalo anda sewaktu ngisi bensin digituin, petugasnya ditegur aja..
Pernah gak anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle ditekan2 begitu sama petugasnya? pasti pernah lah nemuinnya…kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal denanda cara memainkan takaran bensin dengan tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya..
Pengalaman saya ngisi di pom bensin kode 31 (Angka Kedua 1), petugas gak pernah menekan-nekan tuas handle selang sewaktu mengisi sedangkan di kode 34 liat aja deh…kalo anda sewaktu ngisi bensin digituin, petugasnya ditegur aja..
3.ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah.Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah.Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi jika membeli bahan bakar pada siang
hari atau petang hari..sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam
tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang
anda beli.Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur
bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak
lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang
sangat berpengaruh dalam business ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda
rugi/kompensasi karena temperatur
4.ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak bahan
bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada
di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang
bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan
bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating
roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer
sehingga penguapannya bisa dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di
SPBU.
5.JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
(Sumber : http://www.norival.net/tips-memilih-pom-bensin-dan-mengisi-bensin-yang-benar.html )
0 comments:
Post a Comment