TIK Jadikan Bisnis Lebih Lincah

Posted by IYan Monday 24 June 2013 0 comments
Ditengah semakin menariknya pasar Indonesia dengan jumlah kelas menengah lebih dari 131 juta jiwa, inovasi pelaku-pelaku bisnis asing pun semakin marak di dalam negeri.
Kebangkitan brand-brand lokal Indonesia dalam peta persaingan dunia usaha di Indonesia perlu didukung oleh inovasi teknologi yang tepat. Hal ini disampaikan secara tegas oleh Gidion Suranta Barus (VP VAS Commerce Lintasarta) dalam kegiatan “ICT Knowledge for Journalist” yang berlangsung pada hari Jumat (21/6/2013) lalu.


Cloud Computing dianggap sebagai teknologi yang mampu membuat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK/ICT) menjadi lebih rasional terhadap bisnis. Pasalnya cloud computing dapat mendukung inovasi bisnis tanpa menggunakan biaya yang besar, meminimalkan risiko dan mendukung kelincahan bisnis.
Gidion menambahkan kata kunci sukses dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis adalah kecepatan dan fleksibilitas. Persaingan yang ketat membuat perusahaan harus cepat mengambil keputusan bisnis, kapan produk baru harus diluncurkan, di-improve atau bahkan ditarik dari pasar. Fleksibilitas menyangkut kepada adaptasi perusahaan terhadap perubahan bisnis yang terjadi dalam pasar.
“Untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang cepat dan fleksible, maka paradigma TI sudah harus bergeser dari IT sebagai Cost Center, menjadi IT sebagai Strategic Business Partner”, ujar Gidion.
Cloud Computing, Kunci Sukses Pengembangan Bisnis
Penelitian yang dilakukan Lintasarta dan mitra menyatakan bahwa dengan implementasi Cloud Computing, 50% perusahaan menyatakan dapat mengurangi biaya operasional, 20% perusahaan menyatakan fleksibel dalam menghadapi perubahan bisnis yang cepat, 20% perusahaan menyatakan lebih berfokus pada core business tidak hanya TI, 10% perusahaan menyatakan dapat mengubah Capex (investasi) menjadi Opex (biaya sewa).
Lebih lanjut di tahun 2014, 90% korporasi akan mengizinkan penggunaan personal device oleh karyawan sebagai akses dalam bekerja yang dikenal dengan BYOD (bring your own device).
Ditanya mengenai sektor industri apa yang sudah mengimplementasikan Lintasarta Cloud Services? Gidion menjelaskan beberapa perusahaan finance, manufaktur dan trading sudah mengimplementasikan Lintasarta Cloud Service.  Beberapa alasan perusahaan tersebut, implementasi cloud adalah mendukung pengembangan bisnis melalui ICT, solusi business continuity plan dan pembaharuan dari hardware.

Sumber : Infokomputer

0 comments:

Post a Comment